Cara Mudah Melakukan Analisa Web Kompetitor - Hallo sahabat Teknologi Terbaru, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mudah Melakukan Analisa Web Kompetitor, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Belajar SEO, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul : Cara Mudah Melakukan Analisa Web Kompetitor
link : Cara Mudah Melakukan Analisa Web Kompetitor
Cara Mudah Melakukan Analisa Web Kompetitor
Salah satu tahapan penting dalam digital marketing khususnya  aktivitas SEO adalah menganalisa website kompetitor. Hal tersebut  berguna untuk mengetahui lebih jauh kekuatan kompetitor kita dalam hal  backlink, domain hingga perkiraan traffic sehingga akan membantu agar  strategi SEO yang kita lakukan lebih terarah.
Berikut ini merupakan beberapa langkah sederhana yang dapat kita lakukan untuk menganalisa kekuatan kompetitor :
Analisa jumlah pencarian brand kompetitor
Merupakan jumlah pencarian kata kunci brand kompetitor anda yang  dilakukan oleh pengguna internet dalam rentang waktu satu bulan.
Untuk hal tersebut kita bisa menggunakan banyak tools gratis seperti Google Keyword planner, seo book keyword tool dan  lain-lain ( anda dapat membaca penjelasan mengenai hal tersebut di  artikel 15 tools untuk melacak penggunaan kata kunci di mesin pencari )
Dalam hal ini saya ambil contoh di industri website pembanding harga pricebook.co.id dan id.priceprice.com.
Seperti kita lihat diatas di indonesia berdasarkan data dari google  keyword tools average monthly search ( rata-rata pencarian bulanan )  untuk brand pricearea berjumlah 880 pencarian, sedangkan untuk pricebook  berjumlah 720 pencarian per bulan.
Berdasarkan data tersebut : kita mengetahui bahwa untuk pencarian  brand website pembanding harga , pricearea lebih populer dibandingkan  dengan Pricebook.
Estimasi Pengunjung Website Kompetitor
Cukup banyak tools gratis untuk mengecek estimasi traffic web kompetitor seperti simillarweb atau Semrush. Saya akan menggunakan similarweb untuk menganalisa data kedua web diatas.
Estimated visit pricebook : 160.000/bulan dengan 72% traffic berasal dari search engine
Estimated visit pricearea : 1.750.000/bulan dengan 10.83% traffic berasal dari search engine
Perlu diingat bahwa data traffic tersebut hanyalah estimasi, namun  pada beberapa statistik website di similarwer seperti Pricearea, ada  juga yang mengkoneksikan datanya dengan google analytics ( dengan ikon  verified warna hijau).
Berdasarkan data tersebut : kita dapat memprediksi bahwa jumlah  kunjungan/traffic price area lebih besar dibandingkan dengan pricebook.
Pengecekan Domain authority Kompetitor
Tools untuk pengecekan domain authority secara gratis adalah tools open search explorer milik Moz.
Domain authority pricebook 35/100
Domain authority pricearea 42/100
Untuk domain authority, kita bisa melihat bahwa pricearea memiliki  domain authority yang lebih besar apabila dibandingkan dengan pricebook.
Pengecekan Trust Flow Kompetitor
Trust flow merupakan indikator yang dapat kita cek secara gratis di  Majestic.com. Trust flow merupakan sebuah metriks yang dibuat sebagai  parameter seberapa besar nilai kepercayaan dari sebuah link berdasarkan  dari kualitas backlink yang pointing ke link tersebut.
Trust Flow Pricebook
Trust Flow Pricearea
Untuk trust flow kedua website tersebut, pricearea memiliki nilai  trust flow yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan pricebook.
Jumlah eksternal link Dan Linking Root Domain
Untuk jumlah eksternal link atau yang secara umum dikenal dengan  istilah backlink, sedangkan lingking root domain adalah jumlah  keseluruhan domain dari eksternal link berasal. Untuk mengecek ke dua  hal tersebut kita juga bisa menggunakan ahrefs.com ataupun tools Open  site explorer milik Moz.com
Berdasarkan hasil dari OSE (Open Site Explorer ) kita bisa melihat  bahwa pricearea lebih unggul dibandingkan dengan Pricebook dalam masalah  eksternal link dan total lingking domain.
Jumlah pencarian dari kata kunci brand antara pricebook dan pricearea  berdasarkan data dari google keyword planner memiliki selisih yang  tidak terlalu banyak, namun apabila kita lihat dari estimasi traffic  yang datang ke kedua website tersebut, Pricearea memiliki jumlah traffic  yang cukup besar apabila dibandingkan dengan pricebook.
Kita juga bisa mengetahui sumber traffic terbesar untuk Pricearea  berasal dari direct traffic bukan berasal dari search traffic. Hal  tersebut didukung oleh domain authority, trust flow, eksternal link dan  lingking domain Pricearea hampir 4 kali lipat dari Pricebook.
Demikianlah Artikel Cara Mudah Melakukan Analisa Web Kompetitor
Sekianlah artikel Cara Mudah Melakukan Analisa Web Kompetitor kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


0 Response to "Cara Mudah Melakukan Analisa Web Kompetitor"
Post a Comment